Dimanapun kita berada pasti tidak lepas dengan namanya komunikasi.  Tentu sebagai makhluk social kita tidak akan bisa lepas dengan ini. Berkomunikasi merupakan bagian terpenting dalam segala hal, berkomunikasi juga menjadi cara untuk menyampaikan ide-ide yang ada didalam pikiran kita. Berkomunikasi yang baik dapat membangun relasi kepada siapapun yang ada disekeliling kita.





Komunikasi adalah "suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal. 





Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, tulisan, gerakan, dan penyiaran. Komunikasi dapat berupa interaktif atau komunikasi transaktif, komunikasi bertujuan atau tidak bertujuan.
Secara ringkas, proses berlangsungnya komunikasi bisa digambarkan seperti berikut.
1.   Komunikator (sender) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan itu bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun lewat simbol-simbol yang bisa dimengerti kedua pihak.
2.   Pesan (message) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya berbicara langsung melalui telepon, surat, e-mail, atau media lainnya.

                                                               
Untuk dapat mencapai komunikasi yang baik maka komunikasi haruslah jelas, benar, lengkap dan singkat. Selain itu berkomunikasi hendaknya memperhatikan : 5 W & 1 H (whom, who, what, when, where and how) :

1.       Whom : siapa yang akan diajak berkomunikasi
2.       Who : siapa yang akan berkomunikasi
3.       What : apa isi yang tepat untuk berkomunikasi
4.       When : kapan waktu yang tepat untuk berkomunikasi
5.       Where : dimana lokasi yang tepat untuk mengkomuniukasikan pesan tersebut
6.       How : bahasa, media, style yang dipakai untuk berkomunikasi.




Kemampuan berkomunikasi adalah salah satu bentuk dari kecerdasan emosi (EQ, emotional quotient), banyak para psikolog percaya bahwa EQ memiliki kontribusi yang lebih besar untuk meraih sukses dalam kehidupan kita dibandingkan dengan kecerdasan otak (IQ, intelegent quotient). Menurut Daniel Goleman dalam bukunya “Emotional Intelligence”. IQ hanya menyumbang sekitar 20% sementara EQ member kontribusi sebesar 80% bagi kesuksesan kita.
Kita bisa mengetahui kemampuan komunikasi seseorang melalui..
1. Appearance : penampilan
2. Words : perkataan
3. Tone : nada bicara
4. Actions : apa yang anda lakukan
5. Behavior : bagaimana seseorang melakukannya
6. Reaction of others : respon orang lain kepada kita
7. Results : pencapaian atau prestasi



Jadi bila kita ingin berhasil menjalinn hubungan dengan orang lain entah itu di lingkungan masyarakat dan perkerjaan, maka kemampuan berkomunikasi yang baik adalah hal yang harus kita dimiliki. Seperti contoh : dalam presentasi kita dituntut dapat berkomunikasi dengan baik, agar apa yang kita presentasi kan dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens. Hal yang perlu diperhatikan ialah haruslah tau (bagaimana,siapa,untuk siapa,dimana dan apa) yang akan kita bicarakan,Berani/Percaya diri dengan apa yang akan kita sampaikan,Attitude/sikap kita kepada audiens (kapan kita menggunakan intonasi dan bahasa tubuh yangkita pakai), dan kita juga harus melihat audiensnya dalam artian kita haruslah membuat audiens mencerna apa yang kita tampilkan apabila materi yang kita sampaikan dirasa kurang dicerna ,maka lakukanlah analogi/perbandingan perumpamaan supaya mempermudah audiens mencerna apa yang kita maksut, penguasaan materi juga harus dilakukan agar saat audiens bertanya kita dapat mempertanggung jawabkan apa yang kita tampilkan.








referensi:


Siapa yang tidak tau Tri Risma Harini ? ya.. wanita yang kerap akrab disapa Risma (lahir di Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961; umur 53 tahun)[3] adalah Wali Kota Surabaya yang menjabat sejak 28 September 2010 hingga 28 September2015. Risma adalah wanita pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya sepanjang sejarah. Risma juga tercatat sebagai wanita pertama yang dipilih langsung menjadi wali kota melalui pemilihan kepala daerah sepanjang sejarah demokrasi Indonesia diera reformasi dan merupakan kepala daerah perempuan pertama di Indonesia yang berulang kali masuk dalam daftar pemimpin terbaik dunia.Sebelum menjadi wali kota.
Sebelu menjadi walikota Surabaya, Risma menjabat Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya (Bappeko) hingga tahun 2010. Risma meniti karier sebagai seorang pegawai negeri sipil (PNS) Kota Surabaya sejak dekade 1990-an. dan sekarang marilah kita analisis melalui teori kepemimpinan Transformatif.
kepemimpinan transformasional di definisikan ( Bass, 1985 : 140), sebagai kemampuan pemimpin mengubah lingkungan kerja, motivasi kerja, pola kerja, dan nilai – nilai kerja yang dipersepsikan bawahan sehingga mereka lebih mampu mengoptimalkan kinerja untuk mencapai tujuan organisasi. Sejalan dengan hal tersebut yang dikatakan kepemimpinan transformasional ialah kemampuan pemimpin untuk merubah, dan menggantika budaya yang lama, dengan budaya yang baru.
Dalam masa kepemimpinannya beliau menorehkan banyak prestasi dan perubahan. Terutama dalam meningkatkan pelayanan publik terutama yang terkait dengan tata ruang publik atau taman kota. Berbagai tempat lyang dulunya mati, gersang, dan tak terawat sekarang menjadi bersih, hijau, dan tertata rapi,seperti Taman Undaan, taman di Bawean, Taman Mundu di depan Geraha 10 November, Taman Lansia, Taman Prestasi, Taman Pelangi,dll.sehingga kota surabaya dinobatkan menjadi kota yang terbaik se- Asia Pasfifik pada tahun 2012 versi Citynet. Pada Tahun 2013 berhasil menyabet penghargaan tingkat Asia Pasifik yakni Future Goverment Awards 2013 di  2 bidang sekaligus yaitu data center dan inklusi digital menyisihkan 800 kota di seluruh dunia Asia – Pasifik (sumber wikipedia).
dan jika dilihat dari  gaya kepemimpinan dari kepribadian beliau, beliau termasuk kepada gaya kepemimpinan moralis.gaya kepemimpinan seperti ini adalah umumnya Mereka hangat dan sopan kepada semua orang. Mereka memiliki empati yang tinggi terhadap permasalahan para bawahannya, juga sabar, murah hati Segala bentuk kebajikan ada dalam diri pemimpin ini. Orang – orang yang datang karena kehangatannya terlepas dari segala kekurangannya. Kelemahan dari pemimpinan seperti ini adalah emosinya. Rata orang seperti ini sangat tidak stabil, kadang bisa tampak sedih dan mengerikan, kadang pula bisa sangat menyenangkan dan bersahabat. terbukti pada insiden Taman Bungkul yang sempat hebohkan media masa, yaitu pada 11 Mei 2014perusahaan es krim Wall's yang berada dibawah naungan PT. Unilever Indonesia mengadakan acara bagi-bagi es krim gratis kepada masyarakat kota Surabaya. Bagi-bagi es krim gratis itu dilakukan di tengah-tengah taman. Warga kemudian berbondong-bondong mendekati titik pembagian es krim hingga menerobos tanaman-tanaman. Bahkan kendaraan sepeda juga menginjak tanaman-tanaman disana. Kondisi semakin tidak terkendali, jalanan semakin macet, dan tanaman rusak parah.
Polisi & Satpol PP kemudian membubarkan acara itu sekitar pukul 10.00 WIB. tak lama berselang,Risma datang ke lokasi. Ia lalu marah besar begitu melihat sendiri kondisi tanaman di Taman Bungkul. Begitu datang ia berkomentar semua tanaman rusak. Tanpa basa-basi, ia langsung menghampiri panitia penyelenggara acara bagi-bagi es krim.. "Kalian tahu berapa lama waktu yang kami butuhkan untuk buat Taman Bungkul jadi indah?!," ujarnya dengan nada tinggi.kemudian beliau meminta stafnya di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya melaporkan penyelenggara acara ke jalur hukum. Ia meminta stafnya menggunakan undang-undang (UU) pengrusakan lingkungan sebagai dasar laporan.Gaya kepemimpinan yang dilakukan beliau,menunjukkan bahwa dalam masa kepemimpinannya menjadi walikota Surabaya menerapkan konsep kepemimpinan transformasional, dengan berbagai usaha yang dilakukan Risma untuk memperbaiki dan membawa perubahan yang lebih baik bagi warga Kota Surabaya.

Sekian tugas pengantar bisnis yang berkaitan tentang gaya kepemimpinan.. kurang lebihnya mohon maaf... terima kasih.
Referensi :


Amaris Hotel


Amaris Hotel adalah salah satu hotel yang termasuk dalam Grup Santika atau bisa dibilang juga anak perusahaan hotel Santika. menyediakan perhotelan khas Indonesia di masing-masing kota di indonesia sendiri lebih dari 25 cabang dan 1 di singapura.Hotel ini merupakan brand untuk  properti Santika Indonesia Hotels & Resorts berbintang dua atau yang lebih dikenal dengan konsep budget dan smart hotel. Hotel Amaris pertama yang dibuka berada di Panglima Polim, Jakarta Selatan pada 2007. Hotel tersebut mempunyai konsep modern minimalis.



Penerapan Teori Marketing 7P :


1. Product
Hotel Amaris bukan hanya menawarkan penginapan/kamar saja tetapi banyak juga fasilitas penunjangnya seperti kolam renang,lounge disentuh secara profesional dan fungsional. Setiap Hotel pusat bisnis menawarkan yang terbaik dalam kenyamanan, kenyamanan, pelayanan dan keamanan, dengan ruang rapat hosting teknologi konferensi terbaru yang juga menawarkan ruang pribadi sendiri berteknologi tinggi. .Dengan visi kami untuk menjadi pilihan yang lebih disukai untuk segmen menengah dan pasar atas di Indonesia,menggabungkan kualitas dengan profesionalisme dan layanan dari hati.

2. Price
Amaris Hotel,karena pendekatan hotel ini kepada hotel budget maka harga penginapannya relaif lebih murah di bandingkan dengan jenis hotel lainnya. harganya mulai dari Rp. 264.463/malam sudah bisa menginap di hotel Amaris cabang Bali, termasuk fasilitas : pendingin udara, koneksi internet, air panas atau dingin pada fasilitas kamar mandi, dan layanan hiburan televisi , Cocok sekali bagi anda yang ingin pergi berlibur bisa jadi alternatif jika bingung untuk mencari penginapan.

3. Place
Hotel Amaris di berbagai kota menyediakan akses mudah ke bandara, pusat komersial, bidang minat budaya, kantor-kantor pemerintah dan tempat rekreasi.

4. Promotion
Hotel Amaris dirasa sudah sangat terkenal jadi pendekatan promosinya lebih kearah seperti promo-promo acara tertentu seperti hari libur atau tahun baru biasanya terdapat promo-promo yang menarik sehingga seringkali Hotel Amaris dipilih untuk penginapan dikala orang-orang sedang berlibur.

5. People
Seperti yang sudah disinggung tadi Amaris Hotel Memiliki konsep pelayanan yang Profesional dan Hotel ini termasuk SmartHotel maksutnya adalah :- Smart locations,Smart services,Smart employees.maksutnya Smart employeesnya ini pegawai hotel disini pegawai yang pintar yang berarti pegawai mengerti betul dan menjamin mengerti apa yang konsumen inginkan. dilihat dari pelayanan yang ramah,mudah dan cepat.

6. Process
Melihat dari banyaknya chain yang didirikan oleh Amaris Hotel, menggambarkan bahwa segala bentuk upaya yang dilakukan dengan standarisasi yang dimiliki hotel tersebut sesuai dengan ekspektasi pengharapan dengan kenyataan para konsumen/tamu sehingga menimbulkan loyalitas antara tamu dengan Hotel Amaris, dengan terus mempertahankan komitmen dan keyakinan bahwa dapat berkompetisi dengan hotel serupa. 

7. Physical Evidence
Dari fasilitas yang ada pada Hotel Amaris dengan menghadirkan design yang minimalis dengan warna-warna cerah dan menarik pada kamar maupun bagian front office pada saat reservasi telah menjadikan daya tarik bagi konsumen dan tamu merasa nyaman dengan tersedianya wifi internet gratis diseluruh area tanpa dikenakan biaya. dengan adanya pendukung tersebut, sedikit kemungkinan terjadinya complain pada Hotel Amaris.

Sumber

Sekian dan Terimakasih.



Sopan santun adalah bagian dari perilaku diri yang terekspresi dari kualitas moral. Moral itu sendiri merupakan sesuatu yang dihasilkan dari hati nurani, yang diekspresikan dalam perilaku dan cara berpikir.

Secara etimologi sopann santun berasal dari dua buah kata yaitu sopan dan santun. Keduanya telah bergabung menjadi sebuah kata majemuk. Sedangkan menurut kamus bahas Indonesia milik W.J.S. Poerwadarminta , sopan adalah hormat dan takzimatau tertib menurut adat yang baik. Santun adalah halus dan baik(baik bahasanya, tingkah lakunya) atau sabar dan tenang. Jadi, sopan santun adalahpengetahuan atau tingkah laku, budi pekerti yang baik, sesuai dengan tata karma;peradaban;kesusiaan


Sopan santun berarti peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekolompok manusia didalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari masyarakat tersebut. Setelah kita mengetahui pengeretian tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap sopan santun patutlah dilakukan dimana saja tempat kita berada, sesuai dengan kebutuhan lingkungan, tempat, dan waktu karena sopan santun bersifat relatif dimana yang dianggap sebagai norma sopan santun berbeda-beda disetiap tempatnya, seperti sopan santun dalam lingkungan rumah, sekolah, kampus, pergaulan, dan sebagainya. Hal tersebut kita lakukan dimanapun tempat kita berada, kita akan selalu dihormati, dihargai, dan disenangi keberadaan kita oleh orang lain.

Sopan santun haruslah diterapkan dimanapun saat itu kita berada yang sesuai dengan tuntutan lingkungan kita berada.Contohnya sopan santun yang harus diwujudkan antara lain dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Menghormati orang tua, seperti tingkah laku yang baik berbicara dengan lemah lembut, berkata jujur, tidak melakukan perbuatan yang dapat menyakiti perasaannya seperti suka berbohong dan tidak pernah mendengar nasehatnya. Perilaku tidak baik yang sering terjadi dijaman sekarang yaitu anak yang berbicara yang nadanya lebih tinggi dari orang tuanya.jadi seharusnya ya kita tidak boleh berbicara nada tinggi kepada orangtua tentu saja itu melanggar norma-norma.seharusnya, kita berbicaralah dengan nada yang rendah lantas bagaimana jika omongan kita tidak terdengar oleh orangtua seperti halnya menyuruh kita untuk melakukan sesuatu, ya salah satu caranya ialah kita mendekat ke sumbersuaranya (kita mendekat ke ibu/bapak kita).

  2. Menyayangi adik, kakak, saudara, dan seluruh keluarga dengan cara bertutur kata yang baik tidak berkata kasar dan menjaga hubungan yang harmonis dengan seluruh anggota keluarga.contoh kasusunya : adik-kakak ribut ya maka salah satu dari mereka haruslah ada yg mengalah.

  3. Menghormati para tentangga yang berada disekitar rumah dengan sering bertegur sapa ketika saling bertemu, dan saling tolong menolong disaat sedang ada yang membutuhkannya.

  4. Menjaga tingkah laku, seperti berperilaku baik dan terpuji, menghormati guru atau dosen, dan mematuhi peraturan sekolah / kampus.

  5. Menjaga kebersihan dimanapun kita berada serta berperan aktif dalam kegiatan sosial.contoh kasus : membuang sampah pada tempatnya. bahkan sekecil apapun seperti sampah bungkus permen dan jika tidak ada tempat sampah disekitar kita ,caranya dengan menaruh sampah itu dulu dikantong atau disaku pakaian lalu jika sudah menemuka tepat sampah barulah kita buang.

 janganlah lupa bahwa kita adalah makhluk sosial yang artinya kita bisa hidup sendiri, maka dari itu kita perlu menjaga lisan dan perbuatan. okelah jikalau kita bermusuhan atau berperilaku tidak baik kepada seseorang, bisa jadi semua orang juga ikut memusuhi bahkan bisa mengucilkan kita, sebab berita buruk cepat menyebarnya dari mulut ke mulut bahwa misalnya Si A telah berperilaku buruk terhadap orang lain, maka pencitraan diri seseorang itu bisa tercoreng dengan adanya kejadian/perilaku buruk. Dengan semakin tidak pedulinya orang-orang untuk bersopan santun dalam kehidupan, menunjukkan hilangnya hati nurani baik dalam kehidupan. Dan hal ini, pasti akan menjadi sesuatu yang buruk dalam penguatan kehidupan sosial yang lebih tertib dan harmonis. Tanpa sopan santun, orang-orang akan kehilangan akal baiknya dalam melayani kehidupan.
perilaku menyimpang sopan santun biasanya terjadi pada remaja bisa terjadi karena lingkunganya yaitu karna bisa dipengaruhi oleh; teman sepermainannya, acara-acara televisi,dan hanya sekedar mengikuti ego dirinya sendiri. maka hal yang harus kita perbuat ialah harus bisa memillah dan memilih mana yang tepat dan baik untuk kita. dan entah perkataan dari mana banyak orang yang bilang "jangan milih-milih kalau berteman" tentu janganlah kita benarkan sepenuhnya,baiknya kita jangan memilih-milih teman karna status sosial dan kita dapat balik pernyataan yang tadi menjadi "pilih-pilihlah teman" dengan konotasi ; kita bolehlah bergaul dengan siapa saja tetapi kita harus memilih teman yang bisa membawa kita kearah yang positif.
semoga artikel ini dapat menggugah hati khususnya saya pribadi dan umumnya pada pembaca artikel ini.. smoga bermanfaat.

Sumber : Kompasiana
               Motivator :
Djajendra
Convenience Store itu toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Mulai dari makanan, minuman, sampai keperluan rumah tangga. Convenience Store tidak sama dengan retail. Jika retail hanya sebagai toko yang menjual barang-barangnya saja, maka convenience store lebih menitikberatkan kepada kenyamanan pembeli. Untuk menarik banyak pembeli convenience store menyiapkan tempat-tempat duduk sebagai jamuan tempat mengobrol dan menyiapkan Wi -Fi Hotspot. Karena konsep desain ada sedikit perbedaan antara convenience store dan minimarket, namun isi produk yang ditawarkan hampir sama.
(sumber : Klik)

pada kesempatan kali ini saya akan identifikasi tentang apa apa saja yang ada di Indomart Point. Indomaret Point memiliki identitas logo yang hampir serupa dengan Indomaret namun dengan penekanan nama “Point”. 

buat kamu yang seneng atau hobi nongkrong Indomaret Point memberikan extra services bagi pelanggannya dengan free wifi serta tempatcharge handphone di sitting area dan yang paling penting ADALAH.. GRATIS, 











bukan hanya makanan kecil atau snack saja yang tersedia di indoomart point ini tetapi makanan yang menghilangkan rasa lapar juga ada.










 selain menawarkan makan dan minuman disini juga ada hiburannya .


Sering juga dipake buat NOBAR (Nonton Bareng) Bola apalaagii sedang ada partai-partai besar di event-event yang bergengsi seperti piala dunia , liga champions dll. 



selain itu lokasi Indomaret Point seringkali dipakai untuk promosi launching album bagi para musisi yang bekerjasama dengan Indomaret dalam penjualan CD mereka.


(sumber : Klik)

Setelah ditelaah ternyata konsep yang dulunya cuma minimarket dan berkembang menjadi convenience store sangatlah tepat karena mobilitas yang tinggi dari masyarakatlah yang membuat convenience store ini berkembang dengan pesat,otomatis dengan keadaan ini masyakat mencari yang serba praktis dan mudah.Konsep convenience store yang dikembangkan Indomart ini dirasa tepat.
harga-harga makanan yang tersediapun beragam dan relatif murah dari kafe
cocok juga untuk dijadikan tempat mengerjakan tugas ya karna ada WiFinya
jadi mahasiswa jangan bingung-bingung kalau ingin mengerjakan tugas yaa datang saja ke Convenience Store .. 
Sekian identifikasi , dan komentar saya tentang convenience store khususnya Indomart Point ini.. Smoga bermanfaat..

Waasalamualaikum wr. wb



Subjek : Kakak (saudara perempuan) / Teteh                                                      Tempat : di Rumah
Tema  :  Cinta Kasih
Tanggal Pengamatan :9-11 oktober'15


No
Tema
perilaku yang nampak
1
Kemesraan
Merangkul
mencubit-cubit
mengelus-elus
2
Perhatian
mengingatkan Makan
mengingatkan Solat
bertanya bagaimana rasanya jadi mahasiswa?!
3
Tanggung Jawab
memberi arahan, cerita soal dia ketika baru menjadi mahasiswa
memberi pandangan soal Kampus
memberikan tips bagaimana cara belajar saat menjadi mahasiswa
4
Keintiman
ada sebutan khusus untuk saya yaitu.. Kalau tidak sii item/Tukul
5
Keterikatan
kemana-mana minta di anterin
6
Pengenalan
tidak tampak
7
Pengasuhan
tidak tampak