Pasar
monopoli (dari bahasa Yunani: monos,
satu + polein, menjual)adalah suatu bentuk pasar di mana hanya
terdapat satu prdusen/penjual yang menguasai pasar. Pada pasar ini
tidak ada pasar yang menyainginya, karna menghasilkan produk yang unik/ berbeda
dari perusahaan lain, tidak ada pengganti yang mirip.
Ciri-ciri
Pasar Monopoli :
- Pasar monopoli adalah industri satu perusahaanArtinya bahwa barang-barang atau jasa yang dihasilkan tidak dapat dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak punya pilihan lain, kalau mereka menginginkan barang tersebut, maka mereka harus membeli dari perusahaan tersebut.
- Tidak mempunyai
barang pengganti yang “mirip”/ Produk yangdihasilkan Unik.Artinya barang
yang dihasilkan perusahaan tidak dapat digantikan oleh barang lain
yang ada dalam perekonomian, begitu pula dengan kegunaannya.
- Timbulnya
monopoli bisa karena sumber daya alam
- Menguasai
penentuan harga Artinya karena perusahaan monopoli merupakan
satu-satunya penjual didalam pasar, maka penentuan harga dapat
dikuasai.
- Mempromosikan
penjualan secara iklan kurang diperlukan artinya karena perusahaan
monopoli merupakan satu-satunya perusahaan di dalam industri,
ia tidak perlu melakukan promosi penjualan secara iklan, kalaupun ada
iklan hanya untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
- Rintangan dalam
memasuki pasar sangat besar.
- Contoh
: Kereta api, telpon, dan pos dan perusahaan utility (Telkom, PLN,
PT KAI, Pertamina, PDAM.).
Kelebihan dan Kelemahan
Pasar Monopoli
Kelebihan :
1.
Mendorong untuk adanya inovasi baru agar
tetap terjaga monopolinya.
2.
Tidak akan mungkin timbul
perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin
besar.
3.
Mampu melakukan penelitian dan
pengembangan produk
4.
Dapat meningkatkan daya saing bilamonopoli
diperoleh karena kemampuan efisiensi
5.
Mudah mengontrol kepentingan orang banyak
bila monopoli dilakukan Negara
6.
Dapat meningkatkan inovasi(penemuan
baru)bila monopoli terbentuk karena pemberian hak
cipta dan hak paten
Kelemahan :
1.
Timbul ketidakadilan karena keuntungan banyak
dinikmati oleh produsen.
2.
Tidak efisiensinya biaya produksi, karena
perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi
atau sering disebut timbulnya pemborosan.
3.
Konsumen merasa berat karena harus membeli
barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli.
4.
Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen
dan pemilik faktor-faktor produksi
Faktor-Faktor Yang Menimbulkan Pasar Monopoli:
1. Perusahaan monopoli
mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh
perusahaan lain
2. Perusahaan monopoli pada umunya dapat menikmati skala ekonomi (economies of scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3. Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang,yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusaan tersebut.
2. Perusahaan monopoli pada umunya dapat menikmati skala ekonomi (economies of scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
3. Monopoli wujud dan berkembang melalui undang-undang,yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusaan tersebut.
Macam-Macam Monopoli
1. Monopoli by law
Monopoli oleh Negara untuk cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
2. Monopoli by nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alami karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
Monopoli oleh Negara untuk cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
2. Monopoli by nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alami karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
Posisi Keseimbangan
Karena produsen monopoli adalah
satu-satunya produsen di pasar, maka
kurve permintaannya juga kurve
permintaan pasar. Kurve permintaan pasar turun
dari kiri atas ke kanan bawah
berarti produsen bisa mempengaruhi harga pasar
dengan jalan menaik-turunkan
produksinya.
Perbedaan monopoli dibanding
persaingan sempurna antara lain :
Ø bisa menentukan outputnya
Ø bisa menentukan harga jual
Ø ekuilibrium perusahaan = ekuilibrium pasar
Ø bisa menentukan outputnya
Ø bisa menentukan harga jual
Ø ekuilibrium perusahaan = ekuilibrium pasar
Keuntungan maksimum
tercapai bila MC = MR,
Source:
http://ardra.biz/ekonomi/ekonomi-mikro/pengertian-fungsi-jenis-pasar/pengertian-dan-ciri-ciri-pasar-monopoli/
myunanto.staff.gunadarma.ac.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_monopoli
http://www.berpendidikan.com/2015/09/pengertian-pasar-monopoli-ciri-ciri-dan-contohnya.html
0 comments:
Post a Comment